Mei 05, 2011

Sop campur-campur with Ceker Ayam

Judulnya mantap kan, rasanya juga mantap dehh, campur-campur karena ada ceker, wortel, kol, buncis, kadang gw pake ampela, apa yang ada di kulkas.fotonya nyusul ya, sangking kalapnya sampe lupa...

Sop ceker kesukaan mas makanya wajib buat gw harus bisa masaknya. cuman berhubung mas gk suka terlalu banyak sayurnya (eneg katanya) jadi sayurnya dikit, padahal gw suka banget sop yg sayurnya buuaaanyyakkk apalagi pake telor puyuh tapi ya harus nyesuaiin sama selera mas, dia gk suka pake telur puyuh hiks.. tapi emang selera gw aneh yak hihihi

Biasanya seh gw bikinnya setengah panci besar sop (isinya kuah kaldu, wortel, buncis, kol, kembang kol) dimasaknya di rebus bentar aja, sepertiga matang(bukan setengah matang), untuk kali ini 2/3 buat sop, 1/3 disimpen bisa buat nasi capcay, nasi rebus, mie goreng, mie rebus... kurang lebih kan isinya sama-sama aja tuh, daripada capek motong sayurnya ya udah diakalin aja.

Cuman anehnya mas ini, walau sudah ada lauk ceker di sopnya tetep aja harus ada lauk, klo gk telor dadar, tahu or tempe goreng, kombinasi yg aneh yak, gw cuman bisa geleng-geleng kepala aja, tapi tetep aja gw memakannya. Mari kita lihat resepnya, ini resep dari nyokap dan gw udah sering bikin dari jaman kuliah dulu.


Bahan :
- 30 ceker ayam (jangan kaget, ini bisa abis dalam 1 hari)
- 2 buah wortel (karena ukurannya sedang)
- 1 genggam buncis muda (karena stock buncis mudanya banyak, bisa pake buncis biasa)
- 200gr kol ( sekitar 1/4 dari kol besar)
- 250gr daun kol
- 5 daun bawang
- 4 siung bawang putih (pake banyak, soalnya gw suka bawang putih)
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt pala bubuk
- 1 sdt kaldu bubuk (opsional)
- 1 sdm cabe bubuk
- garam secukupnya


Cara Memasak :
- Potong sayuran sesuai selera
- Tumis bawang putih sampai wangi, masukkan daun bawang, aduk sampai layu, matikan kompor
- Rebus ceker, airnya sekitar 1.5 lt. (soalnya 500 ml mau disimpen buat masakan lain) sampai empuk
- Masukkan tumisan bawang, potongan sayur-sayur ke dalam rebusan ceker, sampai hampir matang
- Tambahkan merica bubuk, pala bubuk, kaldu bubuk, garam, aduk, cicipi, rebus sampai matang, matikan kompor.

Karena gw pake ceker banyak kuah kaldunya mantap banget, trus klo mau empuk banget, direbusnya kudu lama, gw ampe 2 jam. Sop ceker ini mudah, yg gk enaknya bagian motong sayurnya... paling males gw, tapi klo udah makan jadi semangat buat bikin lagi, apalagi dimakan waktu hujan hmmmm enak banget deh, dingin-dingin makan yg panas-panas.

Tidak ada komentar: